Pengertian Saham Lengkap Jenis, Manfaat, Keuntungan dan Risikonya

Radarmu.com, Saham sendiri merupakan salah satu instrumen investasi yang mana dapat dijadikan sebagai salah satu mendapatkan passive income.

Untuk kalangan umum saham merupakan hal baru, namun dengan adanya perkembangan teknologi interner mereka bisa akses informasi secara detail terkait pengertian saham, jenis, manfaat, keuntungan dan juga risikonya.

Melalui saluran ini team radarmu akan berbagi informasi terkait dengan saham secara cukup lengkap sebagai bahan untuk belajar atau sekedar menambah wawasan ketika akan terjun dalam investasi saham maupun trade saham.

Pengertian Saham

Saham adalah bentuk salah satu instrumen di dalam pasar modal yang sangat banyak diminati para investor, dikarenakan cukup terbukti memberikan pengembalian yang menarik.

Adapun pengertian saham menurut para ahli, saham adalah kertas yang tercantum dengan jelas nilai nominal, nama perusahaan, dan diikuti dengan hak dan kewajiban yang telah dijelaskan kepada setiap pemegangnya, Fahmi (2012:81).

Dan berdasarkan pengertian dari Darmadji dan Fakhruddin (2012:5) ‚ÄúSaham (stock) merupakan tanda penyertaan atau pemilikan seseorang atau badan dalam suatu perusahaan atau perseroan terbatas”.

Jenis Saham

contoh lembaran saham kuno - radarmu
contoh lembaran saham kuno – radarmu

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwasanya saham merupakan salah satu surat beharga yang menandakan kepemilikan suatu perusahaan. Dan berdasarkan jenisnya saham dibagi menjadi beberapa kategori, seperti penjelasan yang kami kutip dari laman jurnal eprints.mercubuana-yogya.ac.id ( 17 /08/2022 ).

Ditinjau dari kemampuan hak tagih / klaim

Berdasarlam peninjauan dari segi kemampuan dalam hak tagik dan klaim saham di bagi menjadi dua jenis, common stock dan prefered stock.

Saham biasa (common stock)

Yaitu merupakan saham yang menempatkan pemiliknya paling junior terhadap pembagian dividen, dan hak atas harta kekayaan perusahaan apabila perusahaan tersebut dilikuidasi.

Saham preferen (preferred stock)

Merupakan saham yang memiliki karakteristik gabungan antara obligasi dan saham biasa, karena bisa menghasilkan pendapatan tetap (seperti bunga obligasi), tetapi juga bisa tidak mendatangkan hasil seperti ini dikehendaki oleh investor.

Cara pemeliharaannya

Adapun jenis saham dilihat dari jenis cara pemeliharaan dibedakan menjadi dua kategori yaitu bearer stock dan registered stock.

Saham atas unjuk (bearer stock)

Aartinya pada saham tersebut tidak tertulis nama pemiliknya, agar mudah dipindah tangankan dari satu investor ke investor lain.

Saham atas nama (registered stock)

Merupakan saham yang ditulis dengan jelas siapa pemiliknya, dan dimana cara peralihannya harus melalui prosedur tertentu.

Kinerja perdagangan

Sedangkan saham jika dilihat dari kinerja perdagangan dapat di jadikan menjadi 5 jenis yaitu blue-chip stock, income stock, growth stock-well known, spekulative stock, counter cyclical stock.

Saham unggulan (blue-chip stock)

Yaitu saham biasa dari suatu perusahaan yang memiliki reputasi tinggi, sebagai leader di industri sejenis, memiliki pendapatan yang stabil dan konsisten dalam membayar dividen.

Saham pendapatan (income stock)

Yaitu saham biasa dari suatu emiten yang memiliki kemampuan membayar dividen lebih tinggi dari rata-rata dividen yang dibayarkan pada tahun sebelumnya.

Saham pertumbuhan (growth stock-well known)

Yaitu saham-saham dari emiten yang memiliki pertumbuhan pendapatan yang tinggi, sebagai leader di industri sejenis yang mempunyai reputasi tinggi. Selain itu terdapat juga growth stock lesser known, yaitu saham dari emiten yang tidak sebagai leader dalam industri namun memiliki ciri growth stock.

Saham spekulatif (spekulative stock)

Yaitu saham suatu perusahaan yang tidak bisa secara konsisten memperoleh penghasilan yang tinggi di masa mendatang, meskipun belum pasti.

Saham sklikal (counter cyclical stock)

Yaitu saham yang tidak terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro maupun situasi bisnis secara umum.

Manfaat dan Keuntungan Saham

Adapun untuk manfaat dan keuntungan dari investasi saham secara umum dibagi menjadi beberapa kategori seperti penjelasan berikut ini.

Potensi Capital gain

Untuk keuntungan pertama yang didapat dari investasi saham adalah memperoleh gain, karena semakin berkembang dengan baik perusahaan tentu harga saham akan ikut naik.

Adapun selsih harga dari pembelian dan harga saham saat ini dinamakan dengan capital gain.

Dividen Saham

Yang mana untuk keuntungan lain dari investasi sahama dalah penerimaan dividen saham.

Dividen merupakan laba yang didapatkan berdasarkan dengan jumlah saham yang dimiliki pada perusahaan yang di investasi.

Risiko Saham

Dalam berinvestasi saham meskipun memberikan keuntungan yang tinggi namun tidak menutup mendapatkan risiko.

Oleh sebab itu bagi pemain saham pemula perlu belajar analisa fundamental saham untuk mendapatkan saham yang baik serta memberikan keuntungan dimasa depan.

Akhir Kata

Demikian ulasan team radarmu terkait dengan topik pembahasan pengertian saham lengkap dengan jenis dan contoh, manfaaat serta keuntungan dan juga risiko yang kemungkinan didapatkannya.